KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP | TUJUAN DAN MANFAAT

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokan makhluk hidup dalam takson melalui pencarian keseragaman atau persamaan dalam keanekaragaman. Makhluk hidup yang diklasifikasikan dalam satu kelompok atau takson tertentu memiliki persamaan-persamaan sifat dan/atau ciri-ciri. Demikian pula sebaliknya, makhluk hidup dalam kelompok atau takson yang berbeda akan memiliki perbedaan-perbedaan sifat dan/atau ciri-ciri. Untuk keseragaman itu maka di perlukan suatu sistem pengelompokan yang dapat memudahkan dalam mempelajari masing-masing makhluk hidup. Untuk itu klasifikasi makhluk hidup di ciptakan.

Tuhan menciptakan makhluk hidup di muka bumi ini dalam bentuk yang beraneka ragam. Masing-masing mempunyai ciri tersendiri yang membedakannya antara satu dengan yang lain. Begitu beragamnya makhluk hidup ciptaan Tuhan tersebut sehingga perlu adanya suatu sistem untuk mengenal dan mempelajarinya. Klasifikasi makhluk hidup memiliki tujuan dan manfaat. Tujuan dan manfaat klasifikasi Makhluk hidup adalah sebagai berikut:

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Tujuan Klasifikasi makhluk hidup adalah  untuk menyederhanakan objek studi. Penyederhanaan objek studi sangat membantu dalam mengenali atau mempelajari makhluk hidup yang begitu banyak dan beraneka ragam sifat serta ciri-cirinya.

MANFAAT KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Manfaat klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mengetahui jenis-jenis makhluk hidup dan hubungan antarmakhluk hidup sehingga menjadi lebih mudah diketahui kekerabatan antarmakhluk hidup yang beraneka ragam.

Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

No comments:

 
Copyright © 2011. Xcelent Club . All Rights Reserved