Alat Pernafasan Pada Manusia

Alat Pernafasan pada Manusia. Alat pernafasan pada manusia terdiri dari tiga bagian yaitu: rongga hidung, saluran pernafasan dan paru-paru. Ketika kita bernafas, udara masuk melalui rongga hidung lalu dialirkan ke paru-paru melalui saluran pernafasan (tengorokan). Untuk mengetahui lebih detail tentang alat-alat pernafasan, coba perhatikan gambar alat pernafasan pada manusia di samping ini.

Alat-alat pernafasan pada Manusia

Alat pernafasan pada manusia dapat di jelaskan sebagai  berikut:Alat pernafasan pada manusia

1. Hidung

Hidung adalah alat pernafasan pada manusia yang terletak di luar tubuh. Hidung berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Hidung memiliki 2 lubang. Melalui kedua lubang itu udara yang mengandung oksigen di hirup kedalam dan karbondiokasida  dihembuskan keluar. Dalam hidung tedapat rambut-rambut hidung dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Melalui proses penyaringan itu, kotoran dari udara seperti debu ataupun kuman penyakit tidak dapat masuk ke alat pernafasan bagian dalam.

2. Saluran pernafasan

Udara yang masuk melalui lubang hidung di bawa ke paru-paru melalui saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang menghubungkan lubang hidung dengan paru-paru terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian saluran pernafasan meliputi:

Bagian saluran pernafasan

  • Faring (Tekak)
  • Laring
  • Trakhea

Faring menjulur dari bagian belakang rongga mulut hingga permukaan kerongkongan. Sebagian faring terletak diatas dan di bawah langit-langit lunak yang mengarah ke kerongkongan dan laring. Laring merupakan bagian pertama dari saluran udara yang menuju ke paru-paru. Lubang saluran yang mengarah ke dalam laring disebut glotis.

3. Paru-paru

Paru-paru berada dalam rongga dada. Dalam paru-paru terdapar cabang-cabang ujung saluran pernafasan. Ujung saluran pernafasan yaitu trakhea becabang menjadi 2 bagian. Bagian kanan menuju paru-paru kanan, bagian kiri menuju paru-paru kiri. Cabang-cabang trakhea ini di sebut bronkus. Bronkus kemudian membentuk cabang yang lebih kecil lagi di sebut bronkiolus. Kemudian bronkiolus juga membentuk percabangan yang sangat banyak dengan bentuk yang halus dan tipis. Di setiap ujung bronkiolus memiliki gelembung / kantung berdinding tipis yang disebut alveolus. Pada alveolus inilah prose pertukaran gas  dari paru-paru keseluruh tubuh dan dari darah ke paru-paru terjadi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Pengertian dan definisi Alveolus.

Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

No comments:

 
Copyright © 2011. Xcelent Club . All Rights Reserved