Sejarah Ilmu Biologi

Sejarah Ilmu Biologi. Seperti telah disebutkan sebelumnya dalam pengertian Ilmu biologi bahwa Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk makhluk hidup dan aspek-aspek yang mempengaruhi dan berhubungan dengannya. Kata Biologi sendiri berasal dari bahasa Yunani Bios dan Logos. Bios artinya hidup dan logos artinya lambang atau ilmu. Kemudian kata Bio-logos di serap kedalam bahasa Belanda dan menurunkan kata Biologie sebagai hasil dari serapan katanya. Dalam sejarah Biologi, kata pertama yang sering di gunakan sebagai pembuka sejarah ilmu biologi adalah kata Biologos yang berasal dari bahasa Yunani.

Sejarah Biologi di mulai sejak zaman Aristoteles yang hidup beberapa puluh tahun sebelum masehi dan telah ada sebelum zaman Alexander yang Agung dari Macedonia.  Aristoteles adalah seorang ilmuwan dari Yunani yang sangat termasyhur karena kearifan dan kbijaksanaannya dalam berbagai bidang ilmu. Dari ilmu filsafat hingga ilmu pasti. Dalam terminologi Aristoteles, “filosofi alam” adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakup bidang yang kini disebut sebagai fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya. Karena sumbangsihnya terhadap asal muasalnya ilmu Biologi, Aristoteles di kenal sebagai bapa perintis ilmu Biologi.

Ilmu biologi seiring dengan perkembangan zaman semakin maju dan populer. Bersama dengan bertambahnya waktu maka muncul istilah Sejarah biologi modern. Istilah biologi dalam pengertian modern telah di kenal sejak tahun 1766. istilah ini telah muncul dalam sebuah buku berjudul Philos karya Michael Cristoph Hanov. Lalu pada 1800, istilah yang sama juga di pakai oleh Karl Friedrich Burdach . Dan akhirya istilah Biologi di perkenalkan ke pada khalayak secara terpisah oleh dua ilmuwan besar Gottfried Reinhold Treviranus (Biologie Oder Philosophie der Lebenden Manur, 1802) dan Jean Bebtise Lamarck  (Hydrogeologgie, 1802).

Biologi berkembang sejalan dengan ketertarikan manusia dalam menyingkap rahasia alam raya. Rasa ingin tahu membuat manusia selalu ingin mencari jawaban atas pertanyaan yang muncul saat manusia melihat dan mengamati alam sekitarnya. Hal-hal yang semula sepeleh dan sudah menjadi rahasia umum mulai di pertanyakan. Hasilnya, hipotesis mulai muncul dimana-mana. Dugaan-dugaan yang belum terbukti kebenarannya mulai mengisi benak. Dan untuk membuktikannya, para ilmuwan mulai ber ramai-ramai untuk melakukan percobaan-percobaan dan penelitian-penelitian. Inilah yang mengawali sejarah biologi modern.

Dalam sejarahnya, mempelajari ilmu biologi berarti mempelajari:

  • Makhluk hidup (Manusia, tumbuhan, hewan, Jamur, jasad renik lain)
  • Lingkungan tempat tinggal (Habitat & ekosistemnya)
  • Hubungan antar makhluk hidup yang erat berkaitan
  • Zat penyusun makhluk hidup dan zat-zat yang terkandung di alam
Related Posts with Thumbnails
Comments
0 Comments

No comments:

 
Copyright © 2011. Xcelent Club . All Rights Reserved